Rabu, 28 Oktober 2015

Hubungan Alur, Cara Kerja Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
* Teknologi Informasi dan Sistem Informasi sangat penting berlaku pada perusahaan/organisasi  yaitu:
1) Implementasi/pemanfaatan teknologi informasi memiliki dampak positif yang secara umum yaitu terjadi efisiensi waktu.
2) Pemanfaatan Teknologi Informasi serta Sistem Informasi akan melibatkan semua karyawan dalam organisasi yang dioperasikan secara rutin oleh staff administrasi dan bagian teknologi informasi.
 3) Sebagai Fungsi Operasional, fungsi monitoring, fungsi communication dll.
* Hubungan antara SI dan TI 
 yaitu membantu segala jenis bisnis meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis,  pengambilan keputusan manajerial dan kerja sama kelompok kerja hingga memperkuat posisi  kompetitif dalam pasar yang cepat sekali berubah. Dengan adanya SI dan TI maka sistem akan dapat  meningkatkan kecepatan dalam merespon sesuatu dan pihak manajemen akan dengan cepat  mengetahui kondisi perusahaanya tanpa harus ke kantornya dan memakan biaya transportasi.
Betapa Pentingnya Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dan Penerapanya dalam Kehidupan Sehari-Hari
Peningkatan kualitas hidup menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktivitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi informasi dan komunikasi yang perkembanganya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakanya dalam segala aktivitas.
Contoh Penerapan dalam kehidupan sehari-hari :
a) Dalam dunia bisnis, seperti E-Comerce
b) Dalam dunia perbankan, seperti transfer uang dan pengecekan saldo (ATM)
c) Dalam dunia pendidikan, seperti E-Learning
d) Dalam dunia kesehatan, seperti Sistem Radiologi dan Rontgen 
Ada 6 Komponen Sistem Informasi :

1) Perangkat Keras (Hardware), mencakup proses-proses fisik seperti komputer dan printer.

2) Perangakat Lunak (Software)/Program, merupakan sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.

3) Prosedur, merupakan sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan hasil keluaran yang dikehendaki
.
4) Orang, merupaka semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan dan pengguna sistem informasi (User).

5) Basis Data, merupakan sekumpulan tabel, hubungan data lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.

6) Jaringan, merupakan sistem penghubung yang memungkinkan sumber dipakai secara bersama/diakses oleh sejumlah pemakai. contohnya :( LAN,MAN dan WAN)
 
Pengambilan Keputusan Seorang Manajer
Dalam hal ini lebih dikenal dengan Decision Support System (DSS), yang memiliki tujuan :
a) membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi struktur
b) mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikanya
c) meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan seorang manajer daripada efisiensinya.
Tahap - tahap dalam pengambilan keputusan antara lain adalah :
a) Kegiatan Intelijen
b) Kegiatan Merancang
c) Kegiatan Memilih dan Menelaah
<> Kegiatan Intelijen, ini merupakan kegiatan mengamati lingkungan untuk mengetahui kondisi-kondisi yang perlu diperbaiki. Kegiatan ini merupakan tahapan dalam perkembangan cara berfikir. Untuk melakukan kegiatan intelijen ini diperlukan sebuah sistem informasi, dimana informasi yang diperlukan dan didapatkan dari kondisi internal maupun eksternal sehingga seorang manajer dapat mengambil sebuah keputusan dengan tepat.
<> Kegiatan Merancang merupakan sebuah kegiatan untuk menemukan, mengembangkan, dan menganalisis berbagai alternatif tindakan yang mungkin untuk dilakukan. Tahap perancangan ini meliputi pengembangan dan evaluasi serangkaian kegiatan alternatif. Pertimbangan-pertimbangan utama telah diperkenalkan oleh Simon untuk melakukan tahapan ini, apakah situasi keputusan ini terprogram atau tidak.
<> Sedangkan Kegiatan Memilih dan Menelaah ini digunakan untuk memilih satu rangkaian tindakan tertentu dari beberapa yang tersedia dan melakukan penilaian terhadap tindakan yang telah dipilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar